PENGALAMAN MENGIKUTI TES DI SHOPEE INDONESIA

Hai!

Ini adalah kali kedua aku menulis tentang pengalaman mengikuti tes kerja disebuah perusahaan. Kayaknya hampir semua orang pernah mengalami masa-masa ini deh, dimana masa ini adalah masa first battle-nya kita di dunia kerja sebelum menemukan pertarungan-pertarungan selanjutnya. wkwk

Sebelumnya aku minta maaf ya kalo tulisanku ini jelek banget, aku bukan penulis yang sudah menghasilkan berpuluh-puluh artikel atau essay๐Ÿ˜„. Aku cuma pengen sharing aja disini karena berkaca kepada diriku sendiri ketika harus melamar sebuah pekerjaan dan melakukan serangkaian tes yang diharuskan, aku bakal banyak banget cari referensi tentang perusahaan tersebut baik itu dari profil perusahaannya, cara perusahaan memerhatikan karyawannya dan juga tentunya proses seleksi yang dilaksanakan. Dan semoga ini berguna juga untuk kamu ya..

Oke, jadi setelah aku memutuskan untuk resign dari pekerjaan sebelumnya aku langsung banyak banget apply pekerjaan ke beberapa perusahaan melalui job portal , seperti jobstreet, linkedin, kalibrr dan juga glints. Usahakan buat akun platform kerja agak banyak ya gengs karena menurutku cara ini lebih efektif dibandingkan kita send email ke HRD perusahaan, alasannya karena emailku jarang banget dapat balasan :D

Aku melamar di Shopee Indonesia via jobstreet dengan posisi Customer Operations. Seminggu setelahnya aku mendapat email untuk mengikuti tes pertama yaitu tes psikotes. Dikarenakan sedang pandemik tes dilaksanakan secara online dirumah masing-masing. Tes psikotes ini tidak bisa diakses melalui Handphone dan disarankan memakai PC/Laptop lengkap dengan mouse komputer. Adapun untuk soal tesnya seperti Analogi/padanan kata, soal matematika aritmatika, perbandingan jarak waktu dan kecepatan, soal tes bahasa inggris dan soal menghitung cepat. Mouse komputer sangat membantu ketika kita sedang mengerjakan sesi menghitung cepat karena kita dihadapkan pada dua pilihan apakah hasil dari penjumlahan tersebut berupa ganjil atau genap. Waktu tes selama 30 menit dan disarankan menggunakan email dengan domain Gmail bukan Yahoo.

Tes kedua yaitu Interview HR, aku mendapatkan email untuk mengikuti sesi ini 3 hari setelah mengikuti tes psikotes. Interview dilaksanakan via Google meet dan diikuti oleh beberapa peserta tes lainnya. Dalam interview HR kita ditanya tentang profil pribadi dan pengalaman kerja bagi yang pernah bekerja. Untuk freshgraduate bisa improve dengan pengalaman magang ataupun organisasi selama dikampus. Usahakan untuk memberikan informasi sedetail mungkin ya manteman.. :)

3 Hari setelah mengikuti Interview HR aku mendapatkan email kembali dari Shopee Indonesia. Aku diundang untuk mengikuti interview user dengan sistem yang sama yaitu via google meet. Hanya saja kali ini agak berbeda karena kita akan interview sendiri dan dihadapkan dengan 2 orang user. Dalam sesi ini kita lebih ditanya tentang bagaimana cara kita sebagai customer operation melakukan problem solving kepada customer. Selain itu usahakan hafal semua social media yang dimiliki oleh shopee dan bagaimana cara shopee handle masalah tersebut. Disini juga kita akan dijelaskan gambaran tugas kita seperti apa dan komitmen kita untuk kesediaan mengikuti semua peraturan yang dibuat oleh shopee Indonesia. Diakhir sesi interview, user menginformasikan untuk menunggu kabar selanjutnya selama maksimal 14 hari kerja. Jika tidak ada kabar dari shopee melewati batas waktu tersebut maka kandidat dinyatakan gugur.

 

3 hari kemudian..

Banner - Offer.jpg 

You get an offer!

Sebuah kalimat penyejuk untuk seorang jobseeker akhirnya muncul juga. Aku lolos dan bisa bergabung dengan salah satu marketplace terbesar di Asia ini๐Ÿ˜—. Alhamdulillah dan jangan lupa berterimakasih untuk diri sendiri karena sudah mau bekerjasama apapun hasilnya. Hehe

Begitulah manteman rangkaian tes seleksi di Shopee Indonesia, saranku harus sering-sering cek email dan membalas email yang dikirimkan oleh tim shopee. Tetap semangat untuk teman-teman dan tentunya saya juga, :)

 

Sampai bertemu di lain kesempatan.๐Ÿ‘‹


Komentar

  1. Nice share ka, aku lagi proses interview user nih semoga bisa mengikuti jejak kaka ๐Ÿ™

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman seleksi Magang Bakti BCA

Mawar Kemarau