Pengalaman seleksi Magang Bakti BCA

Hallo semuanya.. 
Disini aku bakalan berbagi tentang pengalamanku ikut seleksi magang bakti BCA posisi sebagai frontliner. Nah jadi Magang Bakti BCA ini adalah sebuah program yang diperuntukkan untuk lulusan S1 ataupun lulusan SMA/K sederajat. Posisinya sebagai frontliner baik itu Customer service officer ataupun sebagai teller. Sebagai seorang fresh graduate menurutku cocok untuk kita ikutan program ini, karena sebelum kita turun ke dunia kerja kita diberikan pelatihan terlebih dahulu. Oh iya, magang bakti juga bukan sembarang magang lho, ini hanya namanya saja magang tapi bukan kayak magang yang biasanya kita temuin dikampus atau disekolah ya hehe, magang disini bisa dibilang kita belum menjadi karyawan tetap BCA guys, akan tetapi tupoksi dan tanggung jawabnya sama aja seperti karyawan pada umumnya. Selain itu, salary (gaji) nya juga sama guys kita tetep dikasih salary seperti karyawan pada umumnya kok dan menurutku salary magang bakti BCA itu sangat sangat cukup untuk kita yang fresh graduate. Untuk nominalnya? Emmmmm.. menurutku ga etis lah ya berbicara nominal salary disini hehe. Tapi bocoran aja untuk salary itu diatas UMR DKI Jakarta kok..

Oke baik itu adalah sedikit info tentang Magang Bakti BCA untuk info selengkapnya kalian bisa cari tau di website karir.bca.co.id langsung ya..
Langsung aja jadi untuk kalian yang tertarik berkarir di dunia perbankan dengan posisi sebagai frontliner baik itu customer service atau teller, ada beberapa tahapan proses seleksi yang harus kita lalui, dan setiap prosesnya itu berlaku sistem cut of atau sistem gugur. Jadi persiapkan diri kalian sebelumnya yaaa dan aku akan berusaha kasih tau infonya sedetail mungkin hehe..

I. Tahap pertama (Seleksi Administrasi)
Ditahap pertama kita akan melakukan proses seleksi persyaratan dan kelengkapan administrasi. Jadi ada beberapa cara untuk kita melamar magang bakti BCA ini. Bisa lewat website karir bca nya langsung ataupun bisa juga lewat perusahaan outsourcing seperti waktu aku melamar aku tau infonya lewat PT. IFO Charcom Empowerment. Nah keduanya sama aja kita harus isi dan upload seluruh persyaratan yang diminta seperti biodata, photo, ijazah dll. Pokoknya isi aja sesuai dengan perintah dan persyaratannya pun yang umum-umum aja kok. Awal pertama aku upload lamaran itu sekitar tanggal 20 desember 2019, dan ada info untuk panggilan psikotes itu ditanggal 3 Januari 2020 (aku agak lupa untuk tanggal awal upload lamaran). Nah aku diundang untuk menghadiri psikotes pada tanggal 8 Januari 2020.

II. Tahap kedua (Psikotes I, Psikotes II & Interview HRD)
Setelah tau aku diundang untuk tes psikotes aku langsung belajar soal-soal psikotes baik itu lewat e-book, searching internet maupun nonton di youtube. Tes nya berupa tes:
- Tes penalaran logika aritmatika
- Tes wartegg
- Tes analog verbal
- Tes Draw a man
- Tes edwards personal preference schedule
- Tes kraeplin/pauli
- Tes army alpha intelegence
Lumayan banyak ya tesnya, kalian bisa searching di internet untuk bentuk-bentuk dan cara pemecahan masalah tes tersebut. Oh iya, untuk psikotes disini ada 2 tahapan psikotes. Pertama yaitu tahap psikotes 1 dimulai jam 8 pagi dan jangan telat ya gengs, untuk soal psikotes 1 itu adalah tipe soal tes yang aku sebutin diatas. Jadi ada sekitar lebih dari 60 orang waktu itu (aku ga itung eeuyy cuma perkiraan diatas 50 orang) yang mengikuti tes, dan di tes psikotes I ini kira-kira waktu itu yang lolos ada 15 orang untuk mengikuti psikotes II. Pengumumannya langsung diumumin di meja receptionist, dan Alhamdulillah aku seneng banget lolos psikotes I :) hehe.. Guys aku lupa, disini kita harus menghafal nomor urut kita ya, duh ini tuh jangan sampe lupa pokoknya. 

Setelah tau lolos psikotes I, kita akan langsung diarahkan untuk masuk ke ruangan kembali untuk mengikuti psikotes II. Wah beda banget rasanya setelah masuk ruangan, selain kita bersyukur dan seneng bisa lolos, ada rasa kosong gitulo karena banyak temen2 yang ga lolos dan mereka langsung pulang, Hmmm :( ruangan yang tadinya ramai jadi sepi dan makin dingin karena AC hehe. Oke di psikotes II kita akan mengerjakan tes yang aku gatau itu nama tesnya apa :( tapi nanti akan di instruksiin kok sama pihak PT IFO Charcom nya, jadi dengarkan baik-baik yaa.. maaf aku gatau soalnya itu tes apa gengss namanya, dan disini juga berkas kita akan ditinjau ulang dan langsung. Jadi jangan lupa bawa seluruh kelengkapannya ya, kalo di SMS undangan psikotesnya ada kelengkapan yang harus dibawa maka jangan sampe ngga bawa, tapi kalo di SMS nya ngga memberikan keterangan yang harus dibawa untuk jaga-jaga bawa aja yaa.. 
Setelah selesai mengikuti psikotes II, kita diberikan arahan sama Ibu PT Ifo Charcom nya. Jadi disini kita dikasih tau untuk segera membuat NPWP pribadi bagi yang belum, dan juga SKCK. Karena ini akan digunakan untuk nanti tahap interview user kalo kita lolos ke tahap selanjutnya.
Lalu selesai tes psikotes I & II, kami disuruh menunggu diluar ruangan untuk nanti dipanggil tes interview HRD. Emmmm deg-degan banget gengss sumpeehhh, karena gugup dan takut ga bisa jawab. Tapi kita harus bisa mengendalikan diri kita yaa, aku cuma bisa tarik nafas, berdo'a sama Allah SWT dan sedikit membaca tentang profil BCA dan role play yang ada di internet, karena aku gatau apa yang akan ditanya HRD ke kita. Aku serahin sama Allah kalo udah rejeki pasti aku bisa jawab, yakinku. 
Tibalah giliranku dipanggil, nomor 41 katanya. Aku berdiri dan menuju pintu masuk ruangan, wah selain suara sepatu heels ku yang tak tik tuk, suara degup jantungku juga terasa berdebar banget wkwk. Aku ketuk pintu ruangan dan mulai membuka pintu, didalam terdengar "Ya silahkan masuk". Aku mulai masuk dan tersenyum sambil menutup pintu, Ibu nya pun langsung tersenyum dan berdiri serta langsung mengulurkan tangan untuk berkenalan. Aku lupa namanya, tapi serius ibunya baik banget dan menyenangkan. Aku duduk setelah dipersilahkan duduk oleh ibu, tidak lupa ku jawab terimakasih. Pertanyaan HRD disini kita ditanya tentang biodata kita gengs, awal aku suruh menceritakan tentang diriku. Usahakan disini jangan baper dan curhat ya, ceritakan saja profilmu, asal kampus dan jurusan, pengalaman organisasi atau pengalaman bekerja untuk yang sudah bekerja. Nah, setelah itu aku ditanya naik apa kesini? sama siapa? dan berapa lama akses dari tempat kita ke tempat tes (btw aku tes di Centennial tower excellent depan museum satria mandala), setelah itu karena aku belum pernah bekerja, aku ditanya seputar organisasi dan juga cara membagi waktu kuliah, organisasi sama jadwal mengajarku. Lalu aku ditanya tentang skala prioritas, cara mengambil jalan keluar ketika ada konflik dengan teman organisasi, dan ditanya apa kegiatan kita selama 2 tahun terakhir. Selain itu, aku juga ditanya kenapa melamar di BCA, sudah melamar kemana saja, dan siap atau tidak untuk ditempatkan diseluruh Jabodetabek. 
Disini aku jawab dengan jujur dan aku menyanggupi ketika aku harus ditempatkan di seluruh Jabodetabek. Selesai interview sekitar 30 menit, aku boleh pulang dan akan dikabari jika lolos nanti via SMS ataupun yang lainnya. 
Note: Untuk pakaian harus formal dan sopan ya, pakai kemeja dan baiknya dengan blazer juga, celana bahan kantor ataupun rok jangan pakai jeans tanpa terkecuali!!!, dan on make up ya guys jangan sampe terlihat lemas, kusam dan tidak fresh. Tidak harus make up berlebihan, cukup sedikit sentuhan bedak dan lipstik juga sudah cukup.

III. Tahap ketiga (Interview user)
Setelah mengikuti serangkaian tes tahap kedua dari pagi sampai sore aku pulang dengan penuh harap dan selalu berdo'a. Aku percaya kalo sudah menjadi rezeki ku Allah akan kasih. Oh iya, jadi setelah selesai interview HRD kita dikasih tau oleh pihak IFO Charcom bahwa pengumuman akan dilaksanakan esok hari dari jam 10 pagi sampai dengan 5 sore. Jika kita tidak ada kabar sampai jam 5 sore berarti kita ga lolos dan harus nunggu 2 tahun untuk ikut tes seleksi magang bakti lagi. Oke, keesokan harinya tanggal 9 Januari 2020 pukul 11.04 pagi aku dapat whatsapp bahwa aku lolos ke tahap interview user. Alhamdulillah senang banget rasanya, dari whatsapp itu berisikan tanggal interview user dan persyaratan yang harus dibawa. Interview user dilaksanakan tanggal 13 Januari 2020 di Wisma BCA Pondok Indah, FYI guys ini pertama kita akan bertemu dengan pihak BCA langsung karena kalo kita lamar lewat PT Ifo Charcom kita akan dikasih arahan oleh pihak Ifo Charcom di tes tahap I dan II, nah mulai dari user ini kita akan berhubungan langsung dengan pihak BCA. Uwwuuuu deg-degan bangetttt... 
Tanggal 9 Januari 2020 aku dateng jam 07.15 pagi wkwk, aku datang lebih awal karena takut banget terlambat. Disini pakaian kita harus formal ya memakai kemeja, blazer dan heels pastinya. Buat yang ga pake kerudung rambut wajib di cepol, kecuali yang pendek banget. Karena ini akan memengaruhi penilaian kita banget, untuk yang berkerudung kita dandan ala-ala pegawai bank pada umunya gitu kerudungnya jangan dibiarkan jatuh kebawah aja ngejuntai, pokoknya groomingnya harus baik, Make-up mode on harus fresh dan agak sedikit menor dibandingkan dengan kemarin kita interview HRD dan psikotes. 
Jam 07.50 aku mulai masuk ke gedung, tujuanku ada dilantai 9. Sesampainya diatas aku bertemu temanku yang kemarin tes psikotes, wah Alhamdulillah lolos juga. Tidak lama ada temanku laki-laki datang, senang banget rasanya. Disini kami dikasih tau bahwa tes akan dimulai jam 9 karena BCA setiap pagi harus meeting. Sampai jam 9 tidak ada yang datang lagi dan kami tau bahwa yang lolos hanya 6 orang, 3 orang yang gelombang kami pagi ini, 3 orangnya lagi nanti pukul 1 siang.
Tiba giliranku interview user, waahhhh ketika aku masuk ibunya super duper cueeekkk wkwkwkwk. Tapi kita harus tetep tersenyum dan sopan ya gengs, karena bisa jadi ini hanya uji mental kita. Disini kita lebih dalam ditanya tentang profil kita, keluarga kita, kesiapan kita menjadi karyawan BCA, dan tentang komitmen2 lainnya. Intinya sih tentang diri kita gengs dan sedikit yang kita tau tentang magang bakti BCA ini. Interview nya selama 1 jam lebih, tapi waahhh rasanya degdegan banget karena beda banget dengan interview HRD 100% wkwkwk. Tapi aku harus tetep ramah dan setelah selesai interview kita disilahkan untuk bertanya, disini kita wajib nanya ya gengs ke user maksimal 3 pertanyaan jangan banyak2, intinya apa aja asal jangan tentang salary, supaya kita dinilai tertarik juga untuk bergabung bersama mereka. Setelah selesai pertanyaan saya dikasih sebuah kertas yang berisi persyaratan yang harus dibawa, tanggal serta tempat untuk nanti medical check-up. Wah aku gugup banget dan hanya bilang terimakasih dan pamit keluar ruangan. Aku ke toilet dan aku baru sadar bahwa aku lolos tahap user, Alhamdulillah dan horeeeeeeee... hehehehe
Tapi sebelum keluar ruangan aku dipesan untuk tidak bilang siapapun terlebih teman tes ku, karena bisa jadi ada yang dapat kertas ada yang tidak dapat kertas dan ada juga mendapat kertas yang berbeda.

IV. Tahap keempat (Medical check-up)
Aku tes medical check-up ditanggal 15 Januari 2020 jam 9 pagi. Jangan lewat dari jam 10 pagi ya gengs karena itu dipesan sama user nya dan kurang baik juga ketika tes MCU dilaksanakan siang hari. Aku tes MCU di Tirta medical check-up di daerah kuningan kalo aku ga salah, klinik tersebut buka jam 9 pagi dan ketika buka aku langsung masuk hahaha.. karena udah nunggu dari jam 8.30 pagi didepannya. setelah masuk kita langsung menuju ke receptionist dan akan ditanya dari perusahaan mana, aku jawab dari BCA dan langsung diarahkan ke lantai 2. Tes nya ada cek mata, telinga, tinggi badan, berat badan, tes urine, rontgen, tekanan darah dan dokter umum seperti tenggorokan, perut dll. Pelayanannya sangat baik dan menyenangkan hehe aku kasih 100 pokoknya. Oh iya, tips dari aku sebelum tes MCU kita minum susu bear brand malam sebelum tidur dan pagi sebelum berangkat, dan jangan makan selama 10 jam sampai tes MCU dilaksanakan, jangan merokok dan jangan minum obat-obatan yaa, tidur yang cukup jangan begadang karena akan mempengaruhi tekanan darah dan juga jangan makan makanan berat terlebih dahulu pokoknya. Susu bear brand aja hehe

V. Tahap kelima (Perjanjian kontrak)
Jeng jeng jeeennggg... selesai tes MCU rasanya lega banget, Alhamdulillah finally semua tes sudah aku lalui dan sekarang tugasku hanya berdo'a dan menyerahkan semuanya kepada Allah SWT. Lagi-lagi aku berdo'a jika memang rejeki ku pasti akan datang kepadaku. Dari MCU ke perjanjian kontrak agak lama kita dikasih kabar, tanggal 3 Februari 2020 aku mendapat email bahwa aku lolos seleksi magang bakti BCA dan disuruh hadir Ttd perjanjian kontrak tanggal 5 Februari 2020..
Alhamdulillah aku seneng dan sangat bersyukur banget aku diterima menjadi peserta magang bakti BCA. Finally Allah mengabulkan kekuatan do'a dari orangtuaku, tidak ada yang tidak mungkin untuk Allah selama kita berusaha dan yakin bahwa Allah mempunyai kuasa. 

Nah itu dia pengalaman ku selama mengikuti tes seleksi magang bakti BCA, semoga bisa membantu kalian yang sedang mencari info yaaa hehe karena sepengalamanku pun sama, aku haus informasi dan selalu membaca blog ataupun dari youtube semua pengalaman seleksi magang bakti BCA, jangan pernah menyerah akan mimpi kita dan yakin bahwa kita bisa selama berusaha dan berdo'a. Sukses gengss dan mohon maaf jika ada kesalahan penulisan yaa..
Terimakasih :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mawar Kemarau

PENGALAMAN MENGIKUTI TES DI SHOPEE INDONESIA